Senin, 06 Mei 2019

Makalah Reboisasi


MAKALAH LINGKUNGAN HIDUP
( REBOISASI DAN CARA PELAKSANAANNYA )




NAMA KELOMPOK :

Ø ARUM FATIKA JANNAH
Ø LINDAWATI
Ø SITI ANNISAH ROSALLINA
Ø ST. ALPISAH

KELAS : XI AKL A






SMK NEGERI 2 SIMPANG EMPAT
TP : 2018/2019




KATA PENGANTAR


Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, yang telah memberikan izin dan kekuatan kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan Makalah ini dengan judul ’’Reboisasi ” tepat pada waktunya.

Kami menyadari bahwa karya tulis ini masih banyak kekurangan dan kelemahannya, baik dalam isi maupun sistematikanya. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan pengetahuan dan wawasan kami. Oleh sebab itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran untuk menyempurnakan makalah ini.

Akhirnya, kami mengharapkan semoga Makalah ini dapat memberikan manfaat, khususnya bagi kami dan umumnya bagi pembaca.






 Simpang Empat, 07  Mei 2019



Penulis





DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL.................................................................................   1
KATA PENGANTAR.................................................................................. 2
DAFTAR ISI.................................................................................................3
BAB I PENDAHULUAN...................................................................... 4
A. Latar Belakang .................................................................................  4
B. Rumusan Masalah ............................................................................  4
C. Tujuan Penulisan................................................................................ 5
D. Manfaat Penulisan ..............................................................................5
BAB II PEMBAHASAN .............................................................................. 6
A. Pengertian Reboisasi ........................................................................ 6-7
B. Manfaat Reboisasi ............................................................................ 7-9
C. Tujuan Reboisasi ................................................................................ 9
D. Fungsi Reboisasi .............................................................................. 9-10
E. Jenis- Jenis Reboisasi Hutan .............................................................. 10
F. Usaha Penyelamatan Sumber Daya Alam Hayati ............................... 10
G. Langkah-Langkah Mewujudkan Upaya Reboisasi ......................11-13
H. Pelaksanaan Reboisasi....................................................................14
BAB III PENUTUP ...................................................................................... 14
A. Simpulan ............................................................................................ 14
B. Saran ..................................................................................................  14
DAFTAR PUSTAKA..................................................................................... 15

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Terjadinya degradasi hutan didaerah Aliran Sungai terutama dibagian hulu telah menimbulkan berbagai dampak negative seperti, terjadinya banjir, kekeringan, tanah longsor dan sebagainya.
Akar penyebabnya antara lain diawali oleh kurangnya pemahaman dan atau kepedulian berbagai pihak terhadap fungsi hutan dan penerimaan manfaat oleh masyarakat setempat sehingga tidak mampu membangkitkan rasa tanggung jawab dan tindakan untuk kelestarian hutan.
Untuk menanggulangi hal tersebut. Perlu dilakukan upaya pemilihan dan peningkatan kemampuan fungsi hutan, khususnya dikawasan hutan lindungan dan hutan produksi, dengan melibatkan para pihak secara terpadu, transparent dalam satu gerakan nasional.
Upaya rehabilitasi hutan (reboisasi) dilakukan secara vegetative (kegiatan tanam menanam) dengan menggunakan jenis tanaman yang sesuai dengan fungsi hutan, lahan serta kondisi agroklimat setempat.
Berkaitan dengan hal tersebut dan untuk kesamaan persepsi para pihak terkait, perlu disiapkan pedoman pembuatan tanaman reboisasi hutan lindung dan hutan produksi dalam rangka gerakan nasional rehabilitasi hutan dan lahan.

B. RUMUSAN MASALAH


1.      Apa pengertian Rebosisasi ?

2.      Apa saja Manfaat Reboisasi ?

3.      Apa tujuan Reboisasi ?

4.      Apa Fungsi Reboisasi ?

5.      Apa saja jenis- jenis reboisasi hutan ?

6.      Bagaimana usaha penyelamatan sumber daya alam hayati ?

7.      Mengapa terjadi kepunahan ekosistem ?

8.      Bagaimana Langkah-Langkah dalam Mewujudkan Upaya Reboisasi danPenghijauan?



C. TUJUAN

Maksud disusunnya pedoman ini adalah untuk memberikan arah teknis kepada satuan kerja pelaksanaan sehingga reboisasi hutan lindung dan hutan produksi dapat dilaksanakan dengan optimal.
Tujuan pembuatan tanaman reboisasi hutan lindung dan hutan produksi dalam program gerakan nasional rehabilitasi hutan dan lahan adalah ditanaminya kembali kawasan hutan lindung dan hutan produksi yang terdegradasi dengan bibit tanaman berkualitas sehingga mampu memulihkan dan meningkatkan fungsi hutan sebagai perlindungan system penyangga kehidupan, pengatur tata air, (antara lain mencegah banjir, mengendalikan mencegah intrusi air laut), yang selanjutnya dapat mendukung kelestarian produksi dan kualitas sumber daya hutan, perbaikan iklim mikro dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

D. MANFAAT

Makalah ini bermanfaat untuk pembaca bagaimana upaya menjaga kelestarian hutan dengan cara Reboisasi ( penghijauan ).







BAB II

PEMBAHASAN

A.   PENGERTIAN REBOISASI


Reboisasi adalah upaya pembuatan tanaman jenis pohon hutan pada kawasan hutan rusak yang berupa lahan kosong atau terbuka, alang-alang, atau semak belukar untuk mengembalikan fungsi hutan. Reboisasi tersebut berkaitan dengan adanya sebuah proses penghijauan,  dengan menjalankan penggalakan penghijauan sehingga akan membuat lingkungan sekeliling akan lebih sejuk untuk ditinggali, membuat air tesedia serta akan terjamin dalam peningkatan kesuburan tanah, serta juga kegiatan atau aktivitas raboisasi dapat menurunkan pemanasan global
Pemeliharaan tanaman adalah perlakuan terhadap tanaman dan lingkungannya dalam luasan dan kurun waktu tertentu agar tanaman tumbuhan sehat dan berkualitas sesuai dengan standar hasil yang ditentukan.

Pengertian Reboisasi Menurut Para Ahli

1.                 PP No. 35 Tahun 2002
Menurut PP No. 35 Tahun 2002 Definisi reboisasi merupakan suatu aktivitas atau kegiatan dalam menanam pohon pada kawasan hutan yang sudah rusak atau pada lahan kosong yang biasanya itu berisi alang-alang serta juga semak belukar agar fungsi lahan itu dapat dikembalikan sebagaimana mestinya dengan sangat maksimal.
2.                Kepmenhut 797/Kpts-II/Tahun 1998
Menurut Kepmenhut 797/Kpts-II/Tahun 1998, Definisi reboisasi merupakan suatu aktivitas atau kegiatan peremajaan pohon serta suatu penanaman kembali pohon dikawasan hutan yang sudah rusak dan kegiatan atau aktivitas ini dilakukan sebagai aktivitas penunjang keselamatan hutan. Penanaman hutan tersebut juga dilakukan pada pohon yang memang diperuntukkan untuk menjadi hutan maupun lahan hijau.
3.             Kepmenhutbun No. 778/menhutbun V/Tahun 1998
Menurut Kepmenhutbun No. 778/menhutbun V/Tahun 1998, Definisi reboisasi merupakan aktivtas atau kegiatan untuk dapat memulihkan kembali dan juga dalam meningkatkan produktivitas hutan yang kondisinya sudah sangat buruk dan rusak atau juga pada lahan yang masih kosong. Reboisasi tersebut juga dilaksankan supaya tanah-tanah tersebut dapat menjadi tanah yang lebih subur serta juga bisa menyerap air sehingga dapat menimbulkan banyak manfaat bagi umat manusia serta kehidupan pada bumi ini.
4.              Kepdirjen No. 16/Kpts/V/Tahun 1997
Menurut Kepdirjen No. 16/Kpts/V/Tahun 1997, Definisi reboisasi merupakan aktivitas atau kegiatan menanam kembali serta memulihkan fungsi hutan sebagaimana sedia kalah dengan mengacu pada aturan yang sudah ditetapkan.
5.           Manan (1976) dan Supriyanto (1984)
Menurut Manan dan Supriyanto, Definisi reboisasi merupakan suatu aktivtas atau kegiatan menanam pada lahan kosong tetapi bukan merupakan hutan melainkan lahan milik pribadi maupun milik rakyat serta ditanam dengan jenis pepohonan yang keras. Contohnya seperti pohon buah seperti mangga, rambutan, petai, jeruk, sengon serta lain-lain. Hal tersebut dilakukan sebab biasanya lahan pribadi itu hanya ditanami dengan tanaman lunak contohnya sepertia sayuran dimana tanaman tersebut tidak dapat menguatkan tanah sedangkan dengan tumbuhan keras dapat membuat tanah lebih kuat serta lebih subur dan tentu bisa juga mencegah membantu dalam berbagai bencana alam.
6.         Manan (1978)
Menurut Manan Definisi reboisasi merupakan suatu aktivtas atau kegiatan penghutanan kembali pada lahan yang sudah gundul serta terdapat bekas tebangan ataupun pada lahan-lahan kosong yang terapat di dalam hutan.
7.         Kadri dkk (1992)
reboisasi  merupakan suatu upaya dalam pembangunan hutan yang baru pada suatu wilayah atau area hutan yang telah/sudah dilakukan suatu pebangan habis ataupun juga tebang pilih, serta juga pembangunan hutan pada lahan kosong yang terdapat pada area hutan tersebut.
8.          Wikipedia
menurut Wikipedia Definisi reboisasi merupakan suatu penanaman kembali hutan yang sudah ditebang (tandus, gundul).

B.   Manfaat Reboisasi
Adapun penghijauan ini mempunyai peran dan juga fungsi penting didalam kelestarian lingkungan, Manfaat penghijauan ini dapat dikelompokkan dalam beberapa bagian, ialah sebagai berikut :
Manfaat secara hidrologis
Pohon yang ditanam didalam penghijauan akan mempunyai kemampuan untuk dapat menyerap dan juga menyimpan air. Dengan demikian banyaknya pohon yang ditanam akan semakin banyak pula air yang tersimpan didalam tanah baik untuk dimanfaatkan oleh makhluk hidup (termasuk manusia), cadangan air di musim kemarau, ataupun mencegah terjadinya banjir.
Manfaat secara orologis
ialah kemampuan pada akar pohon dalam mencegah erosi atau juga pengikisan tanah baik oleh air maupun angin.
Manfaat secara ekologis
Secara ekologis (keseimbangan lingkungan) ialah pepohonan hasil penghijauan akan menjadi salah satu komponen terbaik biotik yang tidak terpisahkan didalam suatu lingkungan. komponen biotik bersama abiotik inilah yang akan saling bersinergi untuk dapat menciptakan lingkungan yang seimbang dan juga selaras.
Manfaat secara klimatologis
Secara klimatologis ialah penghijauan akan menyerap karbondioksida (CO2) dan juga akan menghasilkan oksigen (O2) lewat proses fotosintesis yang dilakukan oleh tumbuhan. Proses ini akan meningkatkan kualitas udara sekaligus dapat mencegah dampak pemanasan global.
Manfaat secara edaphis
Secara edaphis ialah pohon-pohon yang ditanam akan menjadi tempat hidup, tempat tinggal, tempat berkembang biak dan juga mencari makan bagi berbagai spesies hewan.
Manfaat secara estetis
Secara estetis (keindahan) ialah penghijauan akan dapat mempercantik suatu kawasan ataupun tempat.
Manfaat secara protektif
Secara protektif ialah penghijauan ini akan dapat memberikan perlindungan baik itu secara langsung maupun secara tidak langsung kepada manusia. Secara langsung ialah melindungi dari terik matahari, angin kencang, penahan debu, dan juga peredam suara. dan Secara tidak langsung ialah akan melindungi dari bencana banjir dan juga kekeringan (terkait dengan manfaat hidrologis).
Manfaat secara higienis
Secara higienis ialah penghijauan ini akan menjadi penyaring udara dimana pepohonan akan dapat menyerap karbondioksida serta juga mengeluarkan oksigen. Pepohonan ini pun akan mempunyai kemampuan untuk dapat menyerap berbagai jenis racun yang ada di udara. Selain itu pada akar-akar pepohonan akan mampu untuk menyerap dan juga menyaring air dalam tanah tanah sehingga menjadi layak dikonsumsi.
Manfaat secara edukatif
Secara edukatif ialah pohon dari hasil penghijauan akan mampu untuk menjadi laboratorium alam yang dapat digunakan sebagai media belajar dan juga penelitian.
Manfaat secara rekreatif
Secara rekreatif, ialah kawasan yang telah dilakukan proses penghijauan akan mempunyai daya tarik estetis tersediri yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi dan juga hiburan.
Manfaat secara ekonomis
Secara ekonomis ialah pohon-pohon hasil reboisasi akan dapat mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Baik itu pada tanaman bunga, buah, batang, akar, dan juga berbagai bagian pohon lainnya.
C.   Tujuan Reboisasi

Tujuan dari reboisasi ialah sebagai tindakan dalam meningkatkan kualitas hidup dari tiap-tiap makhluk hidup terkhusnya manusia, hal itu tentu karena dengan reboisasi akan meningkatkan kualitas sumber daya alam.

D.   Fungsi Reboisasi

Fungsi dari  penanaman hutan kembali (reboisasi) antara lain ialah sebagai berikut:

1.      Sebagai pelestarian Sumber Daya Alam (SDA)
Unsur tata lingkungan biofisik yang nyata serta juga mempunyai potensi dalam memenuhi keperluan manusia, yang bertujuan untuk dapat  mempertahankan kelangsungan hidupnya. Maka perbuatan eksploitasi tersebut harus diikuti dengan peraturan didalam memanfaatkan serta juga melestarikan dari sumber daya alam (SDA).
2.      Untuk mengurangi pencemaran lingkungan
Pencemaran lingkungan hidup khususnya pencemaran pada udara karena polusi asap kendaraan bermotor serta jgua pabrik industri, dengan tingginya pengguna kendaraan bermotor serta aktivitas industri seperti pabrik dan juga pertambangan sudah banyak yang merusak ekosistem hidup, Oleh karena itu harus dilakukan (reboisasi) atau penanaman kembali atau untuk saat ini lebih dikenal dengan dengan kegiatan Go Green yang dilakukan dalam upaya dapat mencegah atau mengatasi global warming.
3.      sebagai pelestarian hutan serta juga pencegahan terhadapat suatu bencana contohnya banjir, longsor serta bencana alam lainnya.

4.      Sebagai peningkatan SDA (Sumber Daya Alam) serta juga pelestarian
a.      Penghasil Kayu Bangunan
Dihutan tumbuhan beraneka spesies pohon yang menghasilkan kayu dengan berbagai kualitas dan ukuran yang dapat digunakan untuk bahan bangunan.

b.      Cadangan Karbon
Salah satu fungsii hutan yang penting adalah sebagai cadangan karbon dialam karna karbon disimpan dalam bentuk biomassa vegetasinya.

c.       Habitat Bagi Fauna
Konversi hutan menjadi bentuk penggunaan lahan lainnya akan menurunkan populasi flora dan fauna yang sensitif.

d.      Lahan
Hutan menempati ruang dalam bumi yang terdiri dari komponen tanah, hidrologi, udara atau tmosfer, iklim yang dinamakan lahan.


E.   Jenis-jenis Reboisasi Hutan

1.      Hutan Lindung
Hutan lindung adalah hutan yang perlu dibina dan dipertahankan sebagai hutan dengan penutupan vegetasi secara tetap untuk kepentingan hidrologi.
2.      Hutan Suaka Alam
Hutan suaka alam adalah hutan yang perlu dipertahankan dan dibina keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa
3.      Hutan Wisata
Hutan wisata adalah hutan yang dipertahankan dengan maksud untuk mengembangkan pendidikan dan rekreasi.
4.      Hutan Konversasi
Hutan konversasi adalah hutan yang dipertahankan untuk keberadaan keanekaragaman jenis plasma nutfah dan tempat hidup dan kehidupan satwa tertentu
5.      Hutan Produksi
Hutan produksi adalah kawasan hutan yang diperuntukkan sebagai kebutuhan perluasan, pengembangan wilayah sebagai kebutuhan perluasan, pengembangan wilayah misalnya transmigrasi pertanian dan perkebunan.

F.    Usaha Penyelamatan Sumber Daya Alam Hayati

Beberapa usaha penyelamatan atau pembaruan sumber datya alam hayati antara lain :

a. Budidaya, yaitu suatu carameningkatkan jumlah dan kualitas makhluk hidup
b. System tebang pilih yaitu suatu cara eksploitasi tanaman kayu dengan memilih
    tanaman yang bila ditebang tidak sangat berpengaruh terhadap ekosistem.
c. Peremajaan tanaman yaitu usaha mempertahankan atau meningkatkan hasil dengan
    mempersiapkan tanaman pengganti.
d. Reboisasi atau penghijauan yaitu suatu usaha untuk menanami lahan yang kosong atau
    tandus.
    Contohnya: menanam jambu mete atau jati di pegunungan kapur.
e. Penangkapan musiman yaitu dilakukan penangkapan pada saat populasi dalam tingkat
    tinggi dan tidak pada saat kondisi yang dapat menyebabkan kepunahan.
    Contohnya: tidak berburu pada saat berkembang biak.


Kepunahan jenis hewan, tumbuhan dalam suatu ekosistem dapat terjadi karena perbuatan manusia dapat merusak ekosistem sebagai berikut :

a.            Perburuan dan penangkapan jenis hewan tertentu secara terus menerus akan  
Menyebabkan kepunahan.
b.            Penangkapan ikan atau udang secara terus menerus apalagi menggunakan bahan
peledak zat kimiawi maupun listrik karena cara tersebut akan mematikan mulai dari telur hingga dewasa dan dapat merusak lingkungan hidupnya.
c.            Penebangan dan pembakaran hutan secara liar akan merusak dan menghilangkan
berbagai jenis hewan dan tumbuhan.

G.  Langkah-Langkah dalam Mewujudkan Upaya Reboisasi dan Penghijauan

A.  Langkah-Langkah Reboisasi
Luas lahan hutan di Indonesia adalah 140,3 juta ha dan merupakan salah satu hutan hujan tropis terbesar di dunia. Namun, jumlah ini terus berkurang setiap tahun akibat terjadi banyaknya penebangan liar, aktivitas pertambangan dan perladangan berpindah. Menurut FAQ, laju kerusakan hutan di Indonesia mencapai 1.315.000 ha per tahun atau setiap tahunnya luas area hutan berkurang sebesar 1%. Daerah-daerah yang paling cepat kerusakan hutannya adalah Kalimantan, Sumatera, Sulawesi dan sebagian Pulau Jawa.
Kondisi hutan yang rusak dapat menyebabkan berkurangnya kemampuan bumi untuk mengubah karbon dioksida menjadi oksigen. Selain itu, hutan yang kehilangan sebagian besar vegetasinya dapat menyebabkan erosi yang terjadi terus-menerus sehingga tanah kehilangan kesuburannya. Kerusakan hutan juga menyebabkan ketidakseimbangan alam dan hewan kehilangan habitatnya.
Reboisasi diperlukan dalam upaya mengatasi kerusakan hutan. Dengan dilakukannya reboisasi, hutan akan kembali mendapatkan vegetasinya, menciptakan kondisi udara yang sejuk serta mencegah berbagai dampak buruk yang ditimbulkan oleh kerusakan hutan.
Berikut ini adalah beberapa langkah dalam mewujudkan upaya reboisasi.

1. Persiapan, meliputi penentuan lokasi sasaran reboisasi, penyiapan organisasi pelaksana, penyusunan tata waktu kegiatan dan pembagian kerja, membersihkan area reboisasi dari konflik agar penanaman dapat berjalan lancar melalui sosialisasi rencana penanaman, menyiapkan bahan dan alat pengukuran (GPS/alat ukur theodolit, kompas, altimeter dan lain-lain) serta menentukan pola tanam.
2Membuat lubang untuk tanaman sesuai pola tanam dan menyiapkan pupuk dasar.
3Bibit tanaman harus dalam keadaan sehat dan memenuhi standar dan terlebih dahulu ditanam di tempat penampung sementara. Tanaman yang dapat digunakan untuk reboisasi antara lain sebagai berikut.
a.      Jati (Tectona grandis)
b.      Jelutung (Dyera costulata)
c.      Jabon (Anthocepalus cadamba)
d.     Sungkai (Peronema cannescens)
e.      Meranti (Shore sp)
f.       Kemiri (Aleurites molucua)
g.      Tusam/Pinus (Pinus merkusii)
4. Bibit tanaman dilepas dari tempat penampung sementara kemudian dipindahkan ke lubang yang telah dibuat serta diberi pupuk.
5.  Melaksanakan pemeliharaan tanaman yang intensif untuk membersihkan area tanaman dari bahan yang mudah terbakar.
6.  Melaksanakan pengawasan secara periodik untuk mendeteksi bahaya kebakaran secara dini agar dapat diambil tindakan yang tepat.
7.  Meningkatan partisipasi masyarakat dalam pengamanan hutan antara lain melalui kegiatan penerangan dan penyuluhan.

B. Langkah-Langkah Penghijauan

Selain di hutan, tumbuhan hijau juga mempunyai peran yang sangat penting di luar kawasan hutan. Tumbuhan hijau sebagai produsen utama oksigen dibutuhkan di lingkungan sekitar kita. Tumbuhan hijau selain berperan dalam kehidupan dan kesehatan lingkungan secara fisik, juga berperan dalam estetika dan kesehatan jiwa.
Untuk menangani krisis lingkungan terutama di perkotaan, maka diperlukan perencanaan dan penanaman tumbuhan hijau untuk penghijauan secara konseptual. Penghijauan dilakukan untuk memulihkan, memelihara dan meningkatkan kondisi lahan agar dapat berproduksi dan berfungsi secara optimal, baik sebagai pengatur tata air atau pelindung lingkungan. 
Berikut ini adalah beberapa langkah dalam mewujudkan upaya penghijauan.

1.  Upaya penghijauan dapat dimulai dari lingkungan sekitar kita seperti halaman rumah. Kita dapat memanfaatkan lahan yang ada untuk ditanami dengan tumbuhan hijau, misalnya tanaman hias, tanaman obat dan tanaman berkulit keras. Lahan di sekitar tempat tinggal kita seperti kompleks perumahan juga dapat kita manfaatkan untuk penghijauan dengan menanam tanaman yang serupa.
2.  Penanaman tumbuhan hijau yang bermanfaat di halaman rumah dapat kita dikembangkan menjadi kebun mini yang terdiri dari tanaman sayur dan buah (warung hidup) serta tanaman obat (apotek hidup). Dengan mengembangkan kebun mini di halaman rumah, kita dapat menghemat pengeluaran anggaran rumah tangga sehingga menjauhkan kita dari sifat konsumtif.
3.  Teknik penanaman hidroponik dapat menjadi solusi penghijauan selanjutnya apabila lahan yang kita punya tidak cukup memadai untuk ditanami tumbuhan hijau. Teknik penanaman hidroponik adalah teknik menanam tanpa menggunakan tanah, melainkan menggunakan benda lain seperti sabut kelapa yang diberi unsur hara yang dibutuhkan oleh tumbuhan hijau.
4.  Penghijauan di lingkungan sekolah juga sangat dibutuhkan. Kondisi udara yang sejuk, nyaman dan segar di lingkungan sekolah dapat mengoptimalkan proses belajar mengajar siswa. Penerapan penghijauan lingkungan sekitar harus diterapkan kepada siswa sejak dini demi terwujudnya generasi yang peduli terhadap lingkungan. Sekolah adalah tempat yang tepat untuk menerapkan pentingnya penghijauan kepada siswa selain di rumah.
5. Pembuatan taman kota serta hutan kota dapat mengoptimalkan upaya penghijauan, tentunya dengan partisipasi masyarakat. Keberadaan taman kota serta hutan kota juga dapat mengurangi tingkat polusi udara serta dapat menjadi sarana rekreasi bagi masyarakat.
6.  Disiplin membuang sampah pada tempatnya dapat mendukung upaya penghijauan. Lingkungan yang telah kita tanami oleh tumbuh-tumbuhan hijau tentunya tidak boleh tercemari oleh limbah maupun sampah, karena dapat menimbulkan pemandangan yang tidak sedap. Kepedulian masyarakat sangat dibutuhkan dalam masalah ini. Apabila masyarakat dengan sadar tidak membuang sampah sembarangan, tentu dampak positifnya juga dirasakan oleh masyarakat itu sendiri.
 7.  Upaya penghijauan harus mendapatkan dukungan dari pemerintah serta kerja sama masyarakat dengan pemerintah demi terciptanya lingkungan hidup yang diidamkan dan menyejahterakan masyarakat.


H.              Pelaksanaan Penanaman Reboisasi


      PERSIAPAN LAPANGAN

Sebelum kegiatan penanaman dilakukan dilapangan, perlu adanya persiapan yang baik dalam rangka pencapaian keberhasilan tanaman yang disesuaikan dengan rancangan.
Kegiatan persiapan lapangan meliputi

1.            Penyiapan dokumen rancangan pembuatan tanaman untuk lokasi petak sasaran
pembuatan tanaman reboisasi.
2.            Penyiapan organisasi pelaksanaan dan koordinasi dengan pihak terkait untuk lokasi dan luas areal yang akan direboisasi, serta penyusunan tata waktu kegiatan dan pembagian kerja yang rasional.
3.            Penyiapan areal reboisasi dari konflik agar penanaman dapat berjalan lancer melalui
sosialisasi rancangan penanaman.
4.            Penyiapan bahan dan alat ukur (GPS / alat ukur theodolit, kompas, altimeter dan lain-lain)
dan perlengkapan kerja.
5.            Pengukuran ulang batas – batas lokasi. Pemancangan patok, pembuatan gubuk kerja, papan
nama dan penyiapan lahan dalam rangka penerapan pola tanaman yang sesuai dalam petak tanaman, pembuatan jalan.
6.            Pemasangan air dan penentuan arah / letak tanaman sesuai dengan rancangan. Pola
tanaman dapat dilakukan secara cemplongan atau sistim jalur sesuai dengan kantour secara merata diseluruh petak, menyesuaikan keadaan lapangan.
    7.      Penyiapan bibit pada tempat penampungan sementara.


PEMBUATAN TANAMAN

1.            Persiapan

a.      Penyiapan dokumen rancangan dan peta rancangan
b.      Penyiapan bahan peralatan / perlengkapan kerja dan tenaga kerja
c.      Pembukaan dan pembersihan lading, pembuatan lubang tanaman sesuai air,    
         penyiapan pupuk dasar disamping itu perlu juga dibuat piringan tanaman yang
         bersih    
        dari tonggak dan tanaman pengganggu.
d.     Distribusi bibit dari tempat pengumpulan bibit sementara ke petak tanaman, dan
         menempatkannya menurut arah larikan dan lobang tanaman.



2.      Penanaman

a.      Sebelum penanaman bibit harus diperhatikan :
Media bibit kompak dan mudah dilepas dari polibag. Kondisi lobang tanaman telah dipersiapkan dengan baik dan tidak tergenang air. Kondisi bibit dalam keadaan sehat dan memenuhi standar yang telah ditetapkan untuk ditanam.
b.      Penanaman bibit
Saat penanaman harus disesuaikan dengan musim tanaman yang tetap. Polybag dilepas dari media tanaman dengan hati-hati sehingga tidak merusak system perakaran tanaman. Lobang tanaman ditimbun dengan tanah dicampur pupuk dasar sampai lebih tinggi dari permukaan tanah.
c.       Pemeliharaan tahun berjalan
Pemeliharaan tahun berjalan dilakukan dengan penyulaman tanaman yang mati sejumlah 10 % sekitar satu bulan setelah tanam.
d.      Hasil pembuatan tanaman.
Terwujudnya tanaman reboisasi sejumlah 1.100 termasuk penyulaman terbesar sesuai rancangan. Untuk memberikan akurasi realisasi tanaman dilakukan penilaian kinerja pembuatan tanaman yang diatur dalam petunjuk pelaksanaan tersendiri.

 ORGANISASI PELAKSANAAN

Agar pelaksanaan dilapangan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan rencana, maka disusun organisasi pelaksanaan dilapangan sebagai berikut :

1.            Pelaksanaan kegiatan pembuatan tanaman reboisasi hutan lindung dan hutan
produksi adalah satker dinas / instansi yang mengurusi kehutanan kabupaten sebagai penanggung jawab pelaksanaan reboisasi diwilayah kerjanya.
2.            Penanaman dilakukan oleh pimpinan pelaksanaan bekerjasama dengan kelompok
tani / masyarakat setempat sekitar hutan, melalui surat perjanjian kerja sama.
3.            Penanaman diwilayah perum perhutani dilaksanakan oleh perum perhutani sesuai
pedoman reboisasi.
4.            Untuk lokasi yang terpencil, rawan keamanan dan kesulitan tenaga kerja dapat
dilaksanakan oleh satker pelaksanaan secara swaksola melalui kerjasama dengan TNI






BAB III

PENUTUP




KESIMPULAN

Reboisasi adalah upaya pembuatan tanaman jenis pohon hutan pada kawasan hutan rusak yang berupa lahan kosong atau terbuka, alang-alang, atau semak belukar untuk mengembalikan fungsi hutan atau suatu cara menanami kembali hutan yang telah mengalami kerusakan akibat penebangan pilih maupun penebangan liar,sedangkan penghijauan adalah penanaman kembali tumbuhan di luar kawasan hutan.
Tumbuhan mempunyai peranan yang penting dalam kehidupan diantaranya adalah untuk menghasilkan oksigen yang di gunakan untuk bernafas, serta tempat untuk menampung air dan juga berperan aktif dalam kesuburan tanah.rusaknya vegetasi tanaman akan menimbulkan banyak dampak buruk bagi kehidupan manusia.diantaranya seperti menyebabkan banjir serta longsor. Untuk itu kita perlu mengadakan pemulihan pada lingkungan serta menjaganya agar tetap lestari dan tetap nyaman untuk itulah perlu diadakannya reboisasi dan penghijauan




SARAN
Dari kesimpulan di atas dengan membaca makalah ini saya berharap para pembaca bisa menyadari betapa pentingnya peran tumbuhan dalam kelestarian lingkungan.dan mau menjaga serta mau memperbaiki kelestarian lingkungan.







DAFTAR PUSTAKA










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makalah Reboisasi

MAKALAH LINGKUNGAN HIDUP ( REBOISASI DAN CARA PELAKSANAANNYA ) NAMA KELOMPOK : Ø ARUM FATIKA JANNAH Ø LINDAWATI Ø...